Wong Palembang Sudah Bisa Kembali Salat Berjamaah di Masjid 

Wong Palembang Sudah Bisa Kembali Salat Berjamaah di Masjid 
Kepala Kantor Agama Kota Palembang Deni Priansyah S.Ag.MP

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA. com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa pelarangan penyelenggaraan ibadah saat pandemi virus corona atau covid-19 Fatwa MUI nomor 14 tahun 2020. Setelah sekian lama larangan untuk melakukan salat berjamaah di masjid, mulai Rabu (3/6/2020) di Kota Palembang akan dilakukan kembali dan tidak lagi berlaku larangan untuk melakukan salat berjamaah tersebut.

Deni Priansyah S.Ag.MPdI Kepala Departemen Agama (Depag) Kota Palembang menyampaikan hal tersebut Selasa (2/6/2020) saat ditemui di ruang kerjanya. "Hasil musyawarah kami dengan Pemerintah Kota dan Tim Gugus berdasarkan surat dari menteri Agama Mulai Rabu (3/6/2020) masyarakat kota Palembang sudah bisa melaksanakan kegiatan beribadah dirumah ibadah dan dari hasil paparan pihak dinas kesehatan, bagi umat Islam sudah bisa melakukan Salat Jumat berjamaah, bagi agama kristen sudah bisa melaksanakan kebaktian dan begitu juga dengan agama yang lainnya, namun semua itu mengikuti proses dan prosedur sesuai dari protokol kesehatan," ucapnya.

Bagi umat Islam yang akan melaksanakan Salat Jumat harus mengikuti prosedur dari Protokol kesehatan seperti membawa sajadah sendiri, membersihkan diri dan menjaga jarak minimal 1 meter, selesai salat tidak usah bersalam salaman dan yang lagi sakit jangan dulu salat berjamaah di masjid guna mencegah, kemudian pengurus Masjid harus meminta rekomendasi dari RT, RW, Lurah dan kecamatan," tambahnya.

Masih kata Deni, selain pengurus masjid, juga ada peran penting dari RT, RW dan masyarakat sekitarnya tuk kita menuju pra new normal belum new normal karena kota Palembang ini kondisi nya masih zona merah belum zona hijau. "Pengurus masjid dalam hal pelaksanaan sholat berjamaah tidak menerima jamaah dari luar yang tidak diketahui asalnya, contohnya seperti musafir, dalam hal ini peran pengurus masjid dan warga sekitar sangat diperlukan," tuturnya.
Lanjut Deni, hari Rabu (3/6/2020) kami juga akan melaksanakan salat zhuhur berjamaah di Masjid Agung dengan protokol kesehatan. "Bersama unsur pemerintah, walikota, kapolres, dandim kita akan melaksanakan sholat zhuhur berjamaah di Masjid Agung dengan protokol kesehatan dan kita videokan memberi contoh ke masyarakat seperti ini untuk melaksanakan salat berjamaah di rumah ibadah," katanya. (ksm)