Wawako Isi Materi Wawasan Kebangsaan

Wawako Isi Materi Wawasan Kebangsaan
teks:IST- Wakil Walikota (Wawako) Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar isi materi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan dengan materi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau dengan materi wawasan kebangsaan.

LUBUKLINGGAU, MEDIA SRIWIJAYA - Wakil Walikota (Wawako) Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar isi materi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan dengan materi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau dengan materi wawasan kebangsaan. Penyampaian materi oleh Wawako di hadapan 40 peserta yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 8 orang dan dari Kota Lubuklinggau sebanyak 32 orang tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom dari Posko Induk, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Lubuklinggau, Rabu (16/9).

Disampaikan H Sulaiman Kohar bahwa, kepemimpinan merupakan ilmu sekaligus seni, sebab dikatakan ilmu karena setiap orang mampu mempelajari teori kepemimpinan namun setiap orang memiliki aplikasi yang berbeda dalam menerapkan gaya kepemimpinan. "Setiap orang dengan gaya masing-masing dan itulah yang dinamakan seni," kata H Sulaiman Kohar.Mengenai wawasan kebangsaan, Wawako menjelaskan bahwa dapat dimaknai sebagai cara pandang baik ke dalam maupun ke luar. Secara pribadi maunpun secara kolektif yang dilandasi keikhlasan, keinsyafan, dan rasa syukur atas personalitas, identitas.

"Dalam kaitannya, dengan bela negara, maka kekayaan khazanah wawasan kebangsaan ini akan difokuskan pada konsepsi-konsepsi kebangsaan yang dapat dikaitkan bersifat wajib untuk diketahui dan dipahami, terutama mengawal keberadaan peran dan fungsi aparatur sipil negara (ASN)," ungkapnya. (mud)