UPGRI Palembang  Gelar Seminar Nasional Pendidikan Hadirkan 16 Pemakalah Nasional

UPGRI Palembang  Gelar Seminar Nasional Pendidikan Hadirkan 16 Pemakalah Nasional

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Universitas PGRI Palembang  menggelar Seminar Nasional Pendidikan dengan menghadirkan 56 pemakalah yang terdiri dari 40 pemakalah dari Universitas PGRI Palembang dan 16 pemakalah nasional yang  terdiri dari berbagai kota di Indonesia.  Selain itu dalam waktu dekat akan juga digelar  Seminar Internasional yang diselenggarakan pada tanggal 25-28 Januari 2021.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si mengatakan Seminar nasional dengan peserta terbanyak hampir mendekati 1.000-an.  “Dari tahun 2008 ada seminar nasional tapi belum sesuai 100 persen dengan tataran peraturan perundangan.  Untuk pembelajaran bagi guru dan yang lain bahwa seminar nasional bukan hanya narasumber nasional tapi yang dikatakan nasional itu pemakalah itu paling tidak 4 provinsi minimal.  Sementara kita pada kegiatan seminar nasional kali ini ada 16 provinsi selain Sumsel. Selain itu peserta minimal 4 provinsi sedangkan seminar kita kali ada 16 peserta di luar Sumsel,” kata Bukman.

Menurutnya,  persyaratan  Seminar Nasional selain harus ada pemakalah paralel yang berbeda, ada interaksi antara para pemakalah. “Seminar  Ini dilakukan berdekatan dengan  Seminar  Internasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 -28 Januari 2021, sekitar 80 negara di dunia yang baca player seminar internasional yang akan kita gelar ini. Sementara  yang mennyatakan ikut sudah 13 negara. Termasuk Indonesia yang rencananya akan dibuka Dirjen Dikti RI yang mengapresiasi kegiatan seminar internasional ini karena pertama kali dilakukan perguruan tinggi di luar Pulau Jawa,” kata Bukman.

Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan Program Pascasarjana UPGRI Palembang ini dibuka Wakil Ketua YPLP PT PGRI Sumsel, Drs H Lukman Haris. “Seminar ini sangat bermanfaat bertujuan untuk membuat makalanhapalagi di saat ini butuh makalah untuk disampaikan dalam rangka.bagaimana menyikapi situasi proses pembelajaran daring  atau PJJ. Kepada para peserta seminar,  kalian para calon S2 manfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi baik bagi diri sendiri maupun para anak didik,” kata Lukman.

Ketua panitia Dr. Happy Fitria, M.Pd dalam laporannya menjelaskan latar belakang kegiatan seminar nasional pendidikan ini merupakan kalender akademik dan program kerja Pascasarjana Universitas PGRI Palembang tahun 2020/2021 sebagai syarat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan seminar hasil dan ujian tesis. “ Seminar nasional pendidikan merupakan agenda tahunan dari program pascasarjana Universitas PGRI Palembang mengingat kondisi pandemi saat ini maka kita lakukan secara virtual melalui zoom meeting,” ungkap Happy.

Lebih lanjut Dr. Happy Fitria menjelaskan seminar nasional pendidikan ini menghadirkan tujuh narasumber dua dari internal Universitas PGRI Palembang yakni Dr H Bukman Lian MM., M.Si dan Dr Tahrun, M.Pd serta lima narasumber Eksteral yakni Dr. Drs Maman Suryaman, M.Pd (Wakil dekan Bahasa indonesia FBS UNY), Nitha V.F Liando, M.A., Ph.D (Ketua prodi bahasa inggris fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri Manado), Dr Muhammad Kristiawan, M.Pd (Kepala pusat pengembangan pembelajaran, Universitas Bengkulu) dan Eko  Risdianto, M.CS (Kepada Pusat Diklat Universitas Bengkulu) serta Prof Dr Aan Komariah, M.Pd (Kepala Prodi Magister Adminstrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia). 

Plt Direktur Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Dr. Syaiful Eddy, M.Si saat diwawancara berharap output dari seminar nasional pendidikan ini dapat mempublikasikan hasil karya mahasiswa maupun dosen di lingkungan universitas maupun karya tulis dari luar univeritas ke dalam prosiding yang mempunyai international standard book number (ISBN). “ Melalui Seminar Nasional Pendidikan ini semoga dapat menambah wawasan dan berdampak positif bagi mahasiswa, “ kata Eddy. (adv)