UPGRI Palembang Bekali Empat Kecerdasan Sebelum Lulus

UPGRI Palembang Bekali Empat Kecerdasan Sebelum Lulus
foto: diah/ms - Suasana pelantikan sarjana baru FKIP UPGRI Palembang oleh Dekan FKIP Univ PGRI Palembang

 

* Yudisium FKIP UPGRI Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang Dr Dessy Wardiah M.Pd, mengatakan sesuai Tridarma Perguruan Tinggi, Universitas PGRI Palembang telah membekali empat kecerdasan bagi setiap mahasiswa sebelum lulus.  Adapun empat kecerdasan itu mencakup kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spritual dan ketahan malangan. "Tidak hanya IQ harus diisi tapi EQ juga harus diisi. Emosional dan spritual juga harus. Kemudia tanpa kerja keras tidak akan bisa hanya mengandalkan ijazah," kata Dessy saat sambutan pada acara Yudisium ke 120 Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang, Kamis (21/1).

Lebih jauh dijelaskan, sebagai insitusi pendidikan tinggi yang 90 persen pencetak guru. Kata Dessy pihaknya juga menyiapkan pembekalan IT kepada para alumni. "Sebelum lulus bisa dipastikan tak ada lulusan yang gagap Teknologi,"tegasnya seraya menyebutkan sejak dua tahun lalu, Universitas PGRI Palembang sudah menerapan perkuliahan menggunakan sistem e-learning melalui aplikasi Sisfo.

Bahkan di masa pandemi ini, penerapan sistem e-learning sudah 100 persen. "Sesuai program kita menuju ciber University,"sebutnya lagi. 

Di tempat yang sama, Sekretaris YPLP PT PGRI Sumsel, Drs Surmana MM, mengatakan untuk menumbuhkan kepercayaan di masyarakat, Univeritas PGRI Palembang selalu menciptakan trans (kepercayaan) yang disesuaikan dengan kondisi kebutuhan bangsa pasar, sesuai tujuan pendidikan di Indonesia. Hal tersebut diungkap langsung, Sekretaris YPLP PT PGRI Sumsel, Drs Surmana MM, usai menghadiri Yudisium ke 120 Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang.

Katanya, kondisi sekarang alumni dituntut harus bisa menyesuaikan dengan kondisi di era-digital sekarang ini. "Kompetensi dulu dengan kompetensi sekarang berbeda harus dibekali dengan literasi, teknologi,"terangnya seraya mengatakan lulusan harua bisa mengubah mindset.

Katanya, kegiatan internasional education sesuatu yang bagaimana kita bisa memperkenalkan kepada masyarakat dan dunia, ini loh Universitas PGRI, "Ini mahasiswanya, ini pengelolanya dan ini alumninya," katanya.

Selain itu, mahasiswa harus berpikir jauh ke depan di era sekarang bukan berarti akumni hanya berpikir cari kerja tapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan. "Tidak hanya mengikuti perkuliahan tetapi berpikir bagaimana mengupdate ilmunya Dengan cara bagaimana mereka mengikuti perkembangan,"ucapnya yang pada kesempatan ini sekaligus membuka kegiatan mewakili YPLP PT PGRI Sumsel.

Sementara, Rektor Univeritas PGRI Palembang, Dr Bukman Lian, MM.Msi mengatakan saat ini Universitas PGRI Palembang mendapatkan peringkat ke 197 dari seluruh Universitas di Indonesia baik swata maupun negeri."Salah satu yang menentukan peringkat ini yakni jurnal-jurnal karya mahasiswa dan dosen yang masuk ke internasional," jelasnya. 

Karena itu, pihaknya terus mendorong untuk mahasiswa untuk produktif menghasilkan jurnal hingga sampai ke internasional. Terus melakukan pengembangan baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) Dosen, Fasilitas Sarana Prasarana, peningkatan akreditasi, hingga lulusan."Saat ini telah banyak dosen kita yang melakukan penelitian dan membuat jurnal bahkan sudah terindeks scopus," ujarnya. (iah)