Thia Yufada: Kenali dan Kembangkan Potensi 

Thia Yufada: Kenali dan Kembangkan Potensi 
foto: IST - Hj Thia YUfada Dodi Reza Alex saat memimpin Rakor TP PKK Muba

SEKAYU, MEDIASRIWIJAYA  – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Pelaksanaan Kegiatan Program Kerja PKK Kabupaten Muba TA 2021 dengan TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Muba.

Rakor dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Muba, Selasa (26/1).

Pada kesempatan tersebut, Thia menyampaikan, Ketua TP PKK Kecamatan diharapkan keaktifannya dan keseriusan dalam melaksanakan program kerja PKK Kabupaten hingga ke tingkat desa. “Sesuai arahan Ketua TP PKK Nasional, selama masih dalam masa pandemi COVID-19, maka hal yang menjadi prioritas adalah sehat dengan aturan yang tepat, tetap disiplin dan patuhi protokol kesehatan. Sekarang protokol kesehatan tidak lagi 3M tapi 5M yaitu, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas,”paparnya.

Lanjutnya, “Oleh karena itu untuk kegiatan PKK agar tetap memperhatikan prokes, jangan sampai melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Ayo tekankan kepada semua masyarakat untuk wajib pakai masker, jangan bosan-bosan karena ini demi keselamatan kita bersama,” ucap Thia.

Istri Bupati Muba ini juga menyampaikan beberapa arahan dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2021. Dirinya mengimbau agar PKK Kecamatan mengenali potensi dan kondisi di kecamatan masing-masing, dengan begitu bisa disesuaikan dengan program kerja. “Jadi saya mengajak para TP PKK untuk mengenali kegiatan di kecamatan masing-masing, apa yang sedang di targetkan dan sokong penuh oleh pemerintah setempat. Kenali kemudian apa yang bisa kita ambil dari sana untuk kegiatan PKK,”imbuhnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Muba ini juga mengarahkan, agar PKK kenali CSR yang ada di daerah masing-masing, serta kenali struktur anggaran yang memungkinkan bisa bantu kegiatan PKK di desa dan kecamatan. “Selain itu juga PKK harus rajin berkoordinasi dengan Perangkat Daerah Pemkab Muba, semua kegiatan PKK pada dasarnya ada hubungan dengan OPD terkait. Kemudian jalin kerjasama dengan organisasi perempuan lainnya, seperti DWP, Ikatri, Bhayangkari dan lainnya,”pungkas Thia.

Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Muba, Susy Imelda Beni Hernedi mengatakan rakor hari ini merupakan rapat tahunan yang perlu dilakukan oleh pengurus TP PKK mulai dari jenjang TP PKK Pusat sampai dengan tingkat kabupaten.

Sehingga kata Susy, diperoleh persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan dan pelaksanaan program gerakan PKK sekaligus mengoptimalkan pelaksanaan 10 program pokok PKK terutama program rutin yang menjadi prioritas PKK. “Untuk itu, saya minta kepada pengurus TP PKK kecamatan dan desa untuk menindaklanjuti setiap program kerja TP PKK kabupaten. Sehingga tujuan program yang telah dirumuskan dapat tercapai sampai kepada masyarakat luas,” jelasnya. (rel)