Sehari Dua Kali Kebakaran di PALI

Sehari Dua Kali Kebakaran di PALI
(Foto Mediasriwijaya.com/ayu)

PALI, MEDIASRIWIJAYA.com - Kembali terjadi kebakaran yang menghanguskan dua rumah warga di 2 lokasi berbeda dalam kurun waktu hampir bersamaan dan tidak berjauhan di Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir), Jumat (9/8). 

Amukan si jago merah menghanguskan rumah milik Yanti (43) warga gang Masjid Kelurahan Talang Ubi Selatan Kecamatan Talang Ubi sekira pukul 11.30 WIB. 

Saat musibah itu terjadi, Yanti bersama Ibu dan ketiga anaknya sedang berada di rumah.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun seisi rumah Yanti hangus terbakar, meski sedikit bisa menyelamatkan barang berharga. 

Yanti menjelaskan saat kejadian dirinya tidak mengetahui api muncul dari mana.  

"Api muncul tiba-tiba dari kamar depan dan seketika langsung membesar membakar kasur," ungkapnya.

Melihat api sudah membesar, dirinya bersama ibu dan tiga anaknya langsung keluar rumah meminta pertolongan warga. 

"Kami langsung keluar dan langsung berteriak minta tolong," jelasnya.

Spontan saat kejadian warga yang berada di sekitar langsung dengan sigap memadamkan api dengan alat seadanya. 

Selang tak berapa lama petugas pemadam kebakaran dibantu pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI serta pihak mobil tangki milik Pertamina cepat tiba dilokasi kebakaran, sehingga api tidak sempat merambah ke rumah tetangganya.

Tak hanya itu saja sebelumnya, kebakaran juga terjadi di wilayah Talang Ojan Kelurahan Talang Ubi Utara, sekitar pukul 09.00 WIB.

 Amukan Api menghanguskan, rumah milik Sukori (35) yang rata dengan tanah, dan satu rumah lain milik Nila (38) nyaris hangus. 

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, karena saat kejadian, seluruh penghuni rumah tengah beraktivitas diluar rumah meski kondisi rumah Sukori tak tersisa.

"Saya juga kurang tahu, tapi asal api dari arah tengah rumah Sukori dan pertama kali diketahui api pun sudah membesar," terang Rahman, salah satu warga sekitar.

Kapolsek Talang Ubi kompol Okto Iwan Setiawan melalui Kanit Reskrim, Ipda M Arafah membenarkan kejadian dua kebakaran tersebut. 

"Ada dua musibah kebakaran, sebelumnya di Talang Ojan dan di Gang Masjid Talang Ubi," terangnya u
Usai melakukan penyelidikan dan olah TKP.

Dia menambahkan pihaknya sementara ini menduga penyebab kebakaran tersebut akibat dari konsleting listrik. 

Dari itu dirinya mengimbau kepada warga, pada musim kemarau ini rentan terjadi kebakaran.

"Karena itu, jika masyarakat hendak beraktivitas keluar rumah, kita berharap warga tidak menyalakan listrik," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPBD PALI, Junaidi Anuar melalui Sekretaris BPBD PALI, Bisma menuturkan, musibah kebakaran ini lokasinya tidak berjauhan dengan kurun waktu hampir bersamaan.

"Kami belum selesai mengganti pakaian serta mengisi tangki air, namun ada kebakaran lagi. Jadi langsung kembali ke lokasi sembari mencari sumber air terdekat," jelasnya.

"Sedikitnya ada 4 unit mobil tangki air untuk memadamkan api di kawasan Talang Ojan serta enam mobil tangki untuk kebakaran yang ada di Gang Masjid," tutupnya.(ayu)