Pelatihan Kades Guna Tertib Administrasi

Pelatihan Kades Guna Tertib Administrasi
Foto: Andre - Karyono

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Kades Mekar Sari Kabupaten Banyuasin Karyono mengatakan setiap desa disuruh memajukan anggaran untuk pelatihan profil desa dan lainnya. "Jadi tanggapan kami sebagai kades, sangat bagus dengan adanya pelatihan ini. Untuk menambah pengetahuan perangkat desa dalam rangka menunjang tertib admnistrasi agar kinerja berjalan sesuai aturan dari pemerintah," ujarnya, Jumat (11/9).

Karyono menuturkan, untuk saat ini Anggaran Dana Desa (ADD) di Banyuasin itu besarannya bervariasi. Tergantung dengan jumlah perangkat desa. "Ada yang ADD Rp 1,1 miliar. Tapi tahun ini ada kendala covid. Jadi anggaran dialihkan ke situ. Untuk pembangunan sedikit sekali. Pembangunan prioritas itu untuk infrastruktur jalan, itu kami utamakan," bebernya.

Sementara itu, lanjut Karyono, untuk Bumdes sudah berdiri sejak 2018. "Di kita bergerak di bidang simpan pinjam dan tenda. Bumdes di pedesaan itu bisa untuk menolong masyarakat petani misalnya membeli bibit. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya Bumdes dari ADD ini," ujarnya. (ndre)