Mahasiswa UIN RF, Ilham Panutan Raih Juara 1 Nasional Kategori Poster Digital

Mahasiswa UIN RF, Ilham Panutan Raih Juara 1 Nasional Kategori Poster Digital
Foto: IST - Ilham Panutan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Alhamdulillah di awal tahun 2021 prodi Hukum Keluarga Islam (ahwal syakhsyiyyah) mendapatkan kado terindah lewat torehan prestasi mahasiswanya di ajang lomba tingkat nasional.
Ilham Panutan mahasiswa semester 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF) Palembang tahun 2019 berhasil meraih juara satu nasional lomba poster dari Indika Foundation kategori “Digital Poster” dalam program Akademi Milenial Islami Tahun 2020  pada tanggal 22 November – 23 Desember 2020 dengan tema “ Berbeda Bersama, Berbeda Lewat Karya, Bersama Menjaga Bangsa”.
Indika Foundation adalah lembaga yang  didirikan oleh PT Indika Energy Tbk. pada 15 Februari 2017 dengan nama Yayasan Indika untuk Indonesia. Indika Foundation berjalan sesuai dengan Indika corporate values yaitu integritas, prestasi, kesatuan dalam keragaman, kerja sama, dan tanggung jawab sosial, salah satu pimpinan Indika Foudation Ayu Kartika Dewi/Managing Director adalah staf khusus presiden Joko Widodo.
Ilham panutan mengucapkan rasa syukur yang tidak terhingga kepada Allah atas anugerah ini, ini hal yang tidak pernah terpikirkan  untuk bisa menang karena ini lomba nasional dengan diikuti oleh kurang lebih seribu peserta dari seluruh Indonesia, ditambah lagi dengan hadiah yang disiapkan panitia senilai Rp 70 juta untuk berbagai kategori lomba menjadi magnet tersendiri bagi banyaknya peserta, walaupun lewat online dan saat pandemi. Proses seleksinya pun menjadi tantangan yang sangat mendebarkan bagi semua peserta.

Bagi mahasiswa berkaca mata minus ini pengalaman lomba poster ini sangat berkesan. Setelah dinyatakan sebagai finalis lomba pada awal Desember ia harus menjalani karantina online bersama 10 finalis yang lain untuk bersaing memperebutkan total hadiah utama Rp 70 juta untuk 7 cabang kategori lomba. Proses karantina online menjadi pengalaman baru yang mengasyikan bagi alumni SMAN 22 Palembang ini, selama karatina online selama satu bulan lewat zoom,  semua peserta mendapatkan materi tentang managing konten dan beberapa materi yang membahas tentang isu-isu kemanusiaan yang fokusnya pada isu  keberagaman, isu terorisme dan lain-lain. Untuk  managing kontennya, dibahas juga bagaimana cara kita untuk bisa lebih memaksimalkan dampak dari konten yang dibuat dan implementasi dari materinya melalui digital posternya. "Alhamdulillah berkat doa semua orang, proses panjang ini berbuah manis, tidak hanya rasa bahagia yang didapat tetapi juga uang pembinaan senilai Rp 4 juta menjadi kado awal tahun yang indah," ujarnya.

Kaprodi Hukum Keluarga Islam  mengucapkan selamat dan rasa bangganya dan mengapresiasi atas prestasi mahasiswa HKI, dengan harapan ke depannya akan lahir terus semua prestasi-prestasi  yang lain, baik regional, nasional bahkan internasional.  Semakin banyak mahasiswa HKI yang berprestasi akan semakin membantu prodi HKI untuk mencapai akreditasi unggul. (ari)

Sumber : UIN Raden Fatah Fakultas Syari'ah dan Hukum Prodi Hukum Keluarga Islam