Layanan Adminduk Capil Kembali Normal

Layanan Adminduk Capil Kembali Normal
teks:IST-kembali berjalan normal dan bahkan terjadi peningkatan di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagar Alam

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA - Setelah sempat mengalami gangguan sistem yang berakibat terhambatnya pelayanan Adimistrasi Kependudukan (Adminduk) di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagar Alam, namun kini pelayanan sudah kembali berjalan normal dan bahkan terjadi peningkatan pelayanan seperti KTP, KK, Akte Kelahiran dan Akte Kematian.Hal ini diterangkan Kepala Dinas Dukcapil kota Pagaralam, Zulkifli Lubis melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil, Kota Pagar Alam, Surono kepada media ini, Rabu (2/9).

"Sekarang sudah kembali normal, meskipun sering ada gangguan sistem tidak berlangsung lama hingga berhari-hari seperti waktu lalu,"ucap Surono. Seiring dengan itu, kata Surono, terjadi juga peningkatan pelayanan Adminduk dari Juli ke Agustus 2020, meskipun berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 tahun 2019 tentang buku dan formulir yang digunakan sebagai dokumen Adminduk berubah menjadi kertas HVS A4 80 gram. Detailnya, sambung Surono, sejak awal Juli tercatat 42 lembar Akte Kematian yang dikeluarkan, dan pada Agustus sebanyak 48 lembar sehingga totalnya 90 lembar, sedangkan untuk Akte Kelahiran pada Juli sebanyak 239 lembar dan Agustus sebanyak 253 lembar, sehingga total cetak selama dua bulan tersebut sebanyak 492 lembar. Kemudian Kartu Keluarga tercatat pada Juli sebanyak 709 lembar kemudian pada Agustus sebanyak 750 lembar dan total cetak sebanyak 1.459 lembar KK. "Semuanya sudah menggunakan kertas HVS A4 80 gram sesuai dengan Permendagri, dan terhitung 1 Juli, " ujarnya.(Repi)