Lagi, UMPalembang Raih Akreditasi A Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian

Lagi, UMPalembang Raih Akreditasi A Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA- Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang, berhasil meraih akreditasi tertinggi dengan nilai unggul “A”.Pencapaian itu ditandai dengan keluarnya SK BAN PT Nomor : 7790/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 tertanggal 25 November 2020, hal ini menyusul 5 prodi di Universitas Muhammadiyah Palembang yakni Prodi Pendidikan Sejarah, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Biologi, Hukum, dan Manajemen, yang sudah berhasil meraih akreditasi A.

Dekan Fakultas Pertanian Ir. Rosmiah, M.Si., mengatakan hasil ini diraih setelah dua hari berturut-turut pada 11 hingga 12 November 2020 dilakukan asesmen lapangan secara daring oleh asesor dari BAN (Badan Akreditasi Nasional).

Dengan asesmen tersebut dilakukan konfirmasi dan penilaian berdasar 7 standar akreditasi yang meliputi visi, misi, tata pamong, Mahasiswa dan kelulusan, SDM, Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi dan penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, serta kerjasama. Prestasi membanggakan tersebut tidak terlepas dari kerja sama yang harmonis dari berbagai pihak seperti sivitas akademika, alumni, para pengguna alumni, maupun stakeholder lain di UMPalembang,” katanya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menambahkan bahwa Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian melalui sivitas akademikanya (dosen dan mahasiswa) juga para tenaga kependidikan secara kontinu terus melakukan upaya strategis dengan terus memperbaiki mutu pembelajaran. Dengan demikian, Prodi Akuakultur mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Para alumni Prodi Akuakultur sudah menunjukkan kinerjanya yang sangat bagus dan membanggakan almamaternya. “Prodi Akuakultur terus melakukan perbaikan mutu dengan merealisasikan rencana strategisnya melalui peningkatan kuantitas dan kualitas dosen, perbaikan kurikulum secara rutin, peningkatan sarana dan prasarana perkuliahan, perbaikan sistem informasi akademik dan sistem informasi manajemen, dan usaha-usaha lain,” ujarnya.

Masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tidak menyurutkan semangat Prodi Akuakultur untuk terus mengembangkan diri dengan terus mengukir prestasi yang lebih baik. “Akreditasi A menjadi modal yang sangat bagus bagi Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan mewujudkan visi misi fakultas,” tambahnya. (rel)