Ketua PWI Sumsel: Sejahterakan Wartawan agar Fokus Menulis

Ketua PWI Sumsel: Sejahterakan Wartawan agar Fokus Menulis
Foto: IST - Ketua PWI Sumsel saat pelantikan Pengurus PWI Pagaralam

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA - Kemajuan zaman dan peradaban dunia tidak terlepas dari peran Pers. Karenanya Pers pilar ke empat dalam roda pemerintahan mengingat tugas dan fungsinya. Keberadaan Pers meski fungsi kontrolnya kadangkala mengundang pro kontra namun haruslah disikapi dengan kesejukan dan ketenangan jiwa. Hal ini diungkapkan oleh Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar saat melantik pengurusan PWI Pagaralam, Minggu (29/11) di Gedung Seminar Villa Gunung Gare Pagaralam.

Lanjut pria yang akrab disapa Firkom ini, selaku penyampai berita atau informasi hendaknya dapat memberikan edukasi kepada khalayak yang tentunya berpedoman dengan Undang Undang Pers Nomor 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik. "Panduan seorang wartawan tak lain UU Pers Nomor 40 tahun 99,"jelasnya.

Keberadaan insan pers atau wartawan hendaknya membuat masyarakat lebih baik dan pintar seperti yang diharapkan wartawan berintegritas Pemkot Pagaralam maju. "Wartawannya maju Pemkot pun maju,"urainya.

Untuk memperoleh karya tulis yang baik, benar dan seterusnya tentu sang penulisnya harus sejahtera dulu. Bagaimana bisa menulis dan menghasilkan berita yang baik dan berkualitas kalau wartawannya ke mana-mana fikirannya alias gagal fokus lantaran terganggu ekonominya. "Kan kecil kemungkinan karyanya bagus dan menarik. Untuk itu tolonglah sejahterakan wartawan biar berita yang disampaikan menarik dan berkualitas,"harapnya kepada Walikota Pagaralam.

Sementara itu walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini yang kedua kalinya meski ketuanya orang yang sama. "Kalau boleh disebut stok lama orang baru,"candanya.

Ditambahkan Walikota, fungsi dan keberadaan pers tidak bisa dianggap sebelah mata dan saat ini zamannya sudah berbeda, terbuka luas dan tidak bisa dihapuskan karena adanya jejak digital. "Kalau dulu belum kita kenal yang namanya digital, sehingga berita bisa dihapus," kata Wako seraya mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus PWI Pagaralam periode 2020  - 2023 yang dilantik dengan harapan dapat menjalankan dan melaksanakan tufoksinya dengan baik dan benar.

Ketua PWI Pagaralam Asnadi. M. Aridi menjelaskan selama ini PWI Pagaralam sudah melaksanakan program-program sosial yang melibatkan Forkompimda. Sejumlah anggota PWI sudah ikut uji kompetensi wartawan (UKW), agar lebih baik dan profesional dalam menjalankan tugas yang diemban. "Bagi yang belum UKW hendaknya ikut sehingga menambah wawasan, bila ada yang memfasilitasi,"harapnya.
Acara yang digelar sederhana namun penuh makna ini dihadiri oleh sejumlah Perwakilan PWI Provinsi, sejumlah pejabat, tamu dan undangan lainnya.(Rep)