Kerap Tenteng Sajam, Digaruk Tim Belut Gandus

Kerap Tenteng Sajam, Digaruk Tim Belut Gandus

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA.com - Lantaran kerap menenteng senjata tajam (sajam) jenis celurit, membuat tersangka Rio Pran Sunta bin Armanik (19) Warga Jalan Sungai Tenang Rt 19 Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Palembang, hanya bisa pasrah, saat Tim Belut Polsek Gandus Palembang, meringkus dirinya.

Tersangka Rio Pran Sunta, ditangkap di kawasan Jalan Lettu Karim Kadir tepatnya di bawah jembatan Musi II Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang, Rabu (12/2/2020) pukul 14.50 Wib.

"Benar, kita mengamankan seorang laki laki karena membawa sajam dan bukan profesinya, saat sedang melaksanakan hunting di sekitar TKP," ungkap Kapolsek Gandus Palembang AKP Wilian Harbensyah, didampingi Kanit Reskrim Iptu Hermansyah, Jumat (14/2/2020).

Karena curiga, dikatakan Kapolsek Gandus Palembang, waktu Tim Belut  sedang melaksanakan Hunting Patroli, melihat sepeda motor dengan penumpang bonceng tiga. Oleh petugas laju motor dihentikan dan ke tiga penumpang perintahkan turun dan dilakukan pengeledahan oleh petugas.

"Saat periksa sepeda motor tidak memiliki kelengkapan surat suratnya, akan tetapi saat dilakukan pengeledahan terhadap 3 warga, kita hanya menemukan 1 tersangka membawa sajam. Untuk tersangka Rio pemilik sajam, kita amankan bersama barang bukti celurit yang terselip di depan perut, sedangkan 2 orang lagi kita bebaskan," jelas AKP Wilian Harbensyah.

Karena memiliki sajam bukan pada tempat dan profesinya, tersangka Rio, dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) UU No 12 Tahun 1951, dengan ancaman pidana maksimal 10 tahun penjara. Untuk itu. Kapolsek Gandus Palembang, AKP Wilian Harbensyah, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palembang, agar dapat meninggalkan budaya 'membawa sajam' yang berujung pada tindak pidana. "Jangan ada lagi masyarakat yang membawa senjata tajam, apalagi menggunakan untuk kejahatan, kecuali memang bidang pekerjaannya dan digunakan di waktu yang semestinya. Karena penjara menanti Anda," ingatnya. (Ly)