Kebakaran di 5 Ulu Hanguskan 14 Rumah 20 KK Kehilangan Tempat Tinggal

Kebakaran di 5 Ulu Hanguskan 14 Rumah 20 KK Kehilangan Tempat Tinggal
Kebakaran di 5 ulu (Fdl)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com. Bencana kebakaran kembali melanda pemukiman padat penduduk di kecamatan SU 1. Setelah Kamis pekan lalu di Lrg Langgar Kelurahan 1 Ulu, kali ini si jago merah kembali mengamuk dan menghanguskan belasan rumah di Jl KH Wahid Hasyim Lrg Terusan 1 RT 42 RW 08 Kelurahan 5 Ulu.

Sedikitnya 14 unit rumah yang dihuni 20 kepala keluarga (kk) ikut hangus terbakar yang sebagian merupakan rumah semi permanen dan berdinding kayu. Api yang mulai berkobar sekitar pukul 14.30 WIB ini diduga dari tabung gas milik salah seorang warga baru berhasil dipadamkan sekitar 1,5 jam lamanya.


Kebakaran di 5 ulu (Fdl)

Tiupan angin kencang ditambah ramainya kerumunan warga yang ingin menyaksikan dari dekat musibah ini menyulitkan petugas padam kebakaran yang menerjunkan sedikitnya 15 unit mobil. Menurut informasi yang didapat, api diduga berasal dari rumah salah seorang warga yang hendak menghidupkan kompor gas.

“Namun, setelah beberapa kali coba dihidupkan tak kunjung menyala, tiba-tiba api sudah menjalar hingga menghanguskan seisi rumah,” ucap Fendi, salah seorang warga di Lrg Terusan 1 kemarin (12/8).

Masih menurut Fendi dari belasan rumah warga yang terbakar itu satu di antaranya adalah rumah Ketua RT 41, Nursiana yang juga ikut terbakar.

Dari pantauan , sejumlah warga yang rumahnya hangus terbakar ini hanya sempat menyelamatkan barang bawaan seadanya akibat kobaran api yang kian membesar ditambah hembusan angin kencang di kawasan pemukiman padat penduduk. Sementara itu, Kadis PBK Kota Palembang, Dicky Lenggardi Tatung menjelaskan akses jalan yang sempit dan dipadati oleh kerumunan warga, mengakibatkan mobil petugas pemadam yang hendak memadamkan api cukup kesulitan masuk ke dalam.

"Musim kemarau ini kami mengimbau warga untuk betul-betul berhati-hati ketika menghidupkan api. Jangan sampai kejadian masih ada yang menyala hingga terjadi kebakaran,”imbuh Dicky.(fdl)