Kapolda Terima Tim Kunker Tim Supervisi Operasi Kontijensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Tahap V dan Tim Laboratorium DNA Pusdokkes Polri

Kapolda Terima Tim Kunker Tim Supervisi Operasi Kontijensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Tahap V dan Tim Laboratorium DNA Pusdokkes Polri
Foto: IST - Suasana audiensi Tim Kunker bersama Kapolda Sumsel

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA - Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima rombongan tim Supervisi Operasi Kontijensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Tahap V dan Tim Laboratorium DNA Pusdokkes Polri bertempat di ruang Promoter Lt. II Gedung Promoter Polda Sumsel, Kamis (26/11).

Dalam rombongan Tim Supervisi terdiri dari Ketua Tim Supervisi Ops Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Brigjen Pol Victor Manopo, anggota Tim Kombes Pol. Kristono, sekretaris AKBP Hartono, Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes Polri AKBP dr. Ratna Relawati, Kaurlog Laboratorium DNA Pusdokkes Polri Penata A.A.G. Raka Arian. Paurmin Laboratorium DNA Pusdokkes Polri Penata Retno Dwi Wahyuningsih, dan para Kasatgas Ops Kontijensi Aman Nusa II Polda Sumsel.

Ketua Tim Supervisi Ops Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Brigjen Pol Victor Manopo, kunjungan kerja ke Polda Sumsel guna sharing terkait inovasi inovasi penanganan covid - 19. "Tujuan kedatangan ke Polda Sumsel untuk sharing, bukan hanya melihat apa yang dilakukan Polda Sumsel,  karena kami yakin banyak inovasi yang telah diperbuat," ungkapnya.

Dicontohkannya jika Polda Sumsel telah berbuat banyak, dalam Ops Aman Nusa II dalam hal penanganan dan pencegahan covid-19. "Salah satu yang kami temui di Polda Sumsel yang tidak ada di Polda lainnya adalah ide positif untuk membersihkan diri dan melepaskan sepatu diganti dengan sandal sebelum masuk keruangan untuk menjaga agar kondisi kita tetap bersih dan steril. Inilah bentuk kepedulian kita untuk selalu waspada terhadap permasalahan covid-19 ini. Gambaran ini, rencananya akan dibawa ke Mabes Polri, untuk dikolaborasikan dengan berbagai inovasi dari Polda Polda lain di seluruh Indonesia. Potret inilah yang nantinya akan kami bawa ke Mabes Polri untuk dikolaborasikan, apabila ini efektif nantinya bisa dijadikan sebagai contoh oleh stakeholder/instansi lainnya untuk ikut diterapkan dalam penanganan covid-19," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes Polri AKBP dr. Ratna Relawati, juga mengucapkan terima kasih kepada Polda Sumsel karena Polda Sumsel merupakan Polda satu - satunya di Indonesia yang sudah mempunyai anggaran untuk pengambilan sample DNA. "Ke depan harapan saya untuk Lab DNA ini tidak hanya untuk yang kriminal saja akan tetapi bisa untuk berkembang ke permasalahn lainnya. Kenapa di Polda Sumsel kok bisa untuk pengambilan sample DNA ini karena ada anggarannya sedangkan di Polda lainnya belom bisa ini menjadi hal yang benar - benar menjadi perhatian kami," harapnya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, dengan kesempatan ini mengucapkan rasa Terimakasih, beliau menuturkan jika dari inovasi tersebut masih terdapat kekurangan mohon masukannya. "Terima kasih dan apabila masih ditemukan kekurangan - kekurangan mohon diberikan masukan ataupun juga saran agar ke depan dalam upaya penanganan covid-19 di Sumsel agar lebih baik lagi," harapnya.

Dijelaskan Kapolda Sumsel Inovasi - inovasi yang telah dilakukan Polda Sumsel selama ini tidak terlepas dari masukan - masukan dan pembelajaran dari instansi/stakeholder terkait dengan selalu melakukan komunikasi dan diskusi bersama agar permasalahan covid-19 ini dapat ditangani dengan serius. Konsep yang telah kita buat seperti Kampung Tangkal Covid-19, Mang Pedeka dan lain sebagainya adalah sebuah bentuk keseriusan para personel Polda Sumsel untuk menangani permasalahan pandemi covid-19 ini. Karena dampak dari pandemi covid-19 ini sungguh luar biasa sehingga menjadi tugas kita bersama untuk memutus mata rantai penyebarannya," ujarnya. (Ly).