Februari, Semua OPD Bergabung di Mall Pelayanan Terpadu

Februari, Semua OPD Bergabung di Mall Pelayanan Terpadu
Ahmad Mustain, Kepala DPMPTSP Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Februari 2020 dipastikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Palembang akan bergabung di Mall Pelayanan Terpadu yang terletak di Jakabaring Palembang. Demikian dikatakan Kepala  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, Akhmad Mustain, kemarin.

Mustain memastikan semua OPD dan dinas terkait lainnya akan bergabung di Mall pelayanan publik yang ada di DPMPTSP Jakabaring. Ia mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan semua hal untuk mendukung agar pelayanan ini bisa terintegrasi. "Ini sudah selesai pembangunan, sekarang dalam tahap perapian komputer, pengaturan alur dan lain sebagainya. Kita berharap bulan Februari semua OPD yang bersangkutan dengan perizinan bisa masuk ke sini," jelas dia.

Lebih jauh dikatakan Mustain, setelah bulan depan semua OPD masuk akan diuji coba untuk pelayanan terpadu ini. Bahkan instansi luar seperti imigrasi, samsat, pajak dan lainnya akan bergabung. "Setelah ujicoba bulan depan, insya Allah sebelum bulan Puasa akan segera kita launching," ujarnya.

Kata Mustain, di dalam mall pelayanan publik ini pihaknya akan menyiapkan tempat khusus bagi para OPD dan instansi luar lain untuk melakukan pelayanan baik perizinan dan lain sebagainya. "Jadi kita sediakan tempat dan setiap OPD menempatkan pegawainya atau operator atau orang teknis untuk melayani pelayanan publik. Sehingga, proses perizinan bisa selesai di sana bahkan jika memiliki kepentingan atau mengurus hal lainnya bisa juga dilakukan di sana," tambahnya.

Mustain mengatakan banyak pelayanan atau perizinan yang bisa dilakukan di sana. Mulai dari pelayanan kependudukan, pelayanan pajak, BPJS Kesehatan, Imigrasi, pelayanan listrik, hingga pelayanan kepolisian seperti Samsat. Dengan adanya mall pelayanan terpadu ini selain memudahkan masyarakat juga bisa mendatangkan lebih banyak investor ke Palembang. "Diharapkan nantinya bakal banyak investor yang berinvestasi ke kota Palembang," kata Mustain. (rin)