Dosen Prodi PG-PAUD FKIP Unsri Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat BDR Anak Usia Dini di Muara Dua OKU

Dosen Prodi PG-PAUD FKIP Unsri Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat BDR Anak Usia Dini di Muara Dua OKU

MUARADUA, MEDIASRIWIJAYA.com - Dosen Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya pada tanggal 30 Oktober s.d 1 November 2020 mengadakan Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan tema “Pendampingan dan Pelatihan Untuk Guru PAUD di Muara Dua tentang Bimbingan Belajar dari Rumah (BDR) Anak Usia Dini”, kegiatan pengabdian ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sriwijaya.

Kegiatan pendampingan dan pelatihan ini diselenggarakan via Microsoft Teams yang diikuti oleh kurang lebih 20 guru TK dan KB di Muara Dua Kab. OKU Selatan. Kegiatan ini juga disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. OKU Selatan Bapak Zulfikar Dhani, S.Sos dan Kepala Bidang GTK Diknas Kab. OKU Selatan Bapak Eduarken, S.Pd., M.Si. Selain itu juga kegiatan ini dibantu oleh salah satu alumni Universitas Sriwijaya, Bapak Herdianto, M.Pd, yang saat ini bekerja di Dinas Pendidikan Kab. OKU Selatan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru TK dan KB yang menjadi peserta dalam dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang konsep penyelenggaraan BDR yang ideal, memiliki kompetensi pedagogik dan profesional sebagai pendidik PAUD dan dapat membuat video pembelajaran sebagai media pendukung dalam pelaksanaan BDR.

Kegiatan pendampingan dan pelatihan pada hari pertama (30/10/2020), ini diisi penyampaian materi oleh narasumber dari dosen-dosen PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya dengan materi pertama tentang Belajar dari Rumah (BDR) bagi Anak Usia Dini yang disampaikan oleh Dr. Sri Sumarni, M.Pd. Beliau menjelaskan tujuan pelaksanaan BDR di antaranya yaitu untuk memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19; melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19; mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan; dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Windi Dwi Andika, M.Pd yang membahas mengenai media pendukung kegiatan BDR bagi anak usia dini di antaranya penggunaan Microsoft Teams dan Aplikasi Buku KD PAUD yang dapat menjadi pedoman guru dalam pelaksanaan kegiatan BDR. Penyampaian materi dilanjutkan oleh Febriyanti Utami, S.Pd., M.Pd. terkait penggunaan aplikasi Filmora dalam pembuatan media pembelajaran yang dapat digunakan selama kegiatan BDR.

Selanjutnya pada hari kedua (1/11/2020), kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan video pembelajaran sebagai media pendukung pelaksanaan kegiatan BDR bagi anak usia dini. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan oleh Dosen PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya yang dibantu oleh enam orang mahasiswa PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya. Pada kegiatan pendampingan ini, guru dibimbing dalam pengeditan video pembelajaran dengan menggunakan berbagai fitur yang ada di aplikasi filmora baik dari laptop maunpun dari handphone. Sehingga nantinya para guru dapat menghasilkan video pembelajaran yang menarik bagi anak dini. (rel)