Banyuasin Kembangkan Tanaman Porang

Banyuasin Kembangkan Tanaman Porang
teks:IST- Pencanangan tanda dimulainya penanaman Porang oleh Gubernur Provisi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru dan Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, Rabu (16/9)

BANYUASIN, MEDIASRIWIJAYA - Pencanangan tanda dimulainya penanaman Porang oleh Gubernur Provisi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru dan Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, Rabu (16/9) di Lahan Easy Porang Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Diketahui, Porang adalah tanaman umbi-umbian yang bisa dimanfaatkan untuk bahan baku tepung, kosmestik, penjernih air, dan juga bisa digunakan untuk pembuatan lem serta jelly.

Menurut Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, program penanaman Porang ini sangat menjanjikan dan memberi harapan besar kepada masyarakat Banyuasin. "Selain tanaman padi dan jagung, tanaman Porang adalah prospek  yang luar biasa yang bisa kita kembangkan di Kabupaten Banyuasin," kata Askolani. Jikalau ini bener-benar bisa kita tanam dengan baik, tambah Askolani. Tanaman ini akan kita kembangkan serta kita sosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat bisa membudidayakan. "Jika masyarakat bisa mengembangkan dengan baik, tidak menutup kemungkinan masyarakat Banyuasin bisa kaya-raya semua," kata Askolani.

Askolani menambahkan, di zaman pandemi covid-19 ini masyarakat harus bisa berfikir lebih cerdas lagi untuk mengembangkan sesuatu agar bisa bertahan hidup. "Ini adalah sebuah inovasi  baru dari segi tanaman, dengan itu saya sangat menyambut baik untuk mengembangkan tanaman ini di Kabupaten Banyuasin dan di Provinsi Sumatera Selatan," ujar Askolani, kami berharap masyarakat Banyuasin bisa sejahtera semua.

Diketahui, pabrik pengelolah tanaman Porang ini hanya ada di pulau Jawa. "Untuk itu, kedepannya kita harus berkerjasama dengan pihak pengusaha untuk membuat pabrik Porang di Kabupaten Banyuasin," tandasnya. (ydp)