438 Pelanggaran Operasi Zebra Lahat

438 Pelanggaran Operasi Zebra Lahat
Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Lahat (Foto : Ist)

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA - Sepekan berjalan Operasi Zebra Musi 2019 yang digelar Polres Lahat melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lahat, setidaknya, Selasa (29/10) telah terjaring 438 pelanggar baik roda dua maupun roda empat. Selain itu, anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motorpun banyak terjaring.

Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK melalui Kasat Lantas, AKP Rio Artha Luwih SIK mengatakan, dari ratusan pelanggar tersebut didominasi oleh pengedara sepeda motor ( Roda 2 ) sebanyak 351 pelanggar.

" Kebanyakan jenis pelanggaran yang terjadi ialah tidak menggunakan helm dan pelanggaran administrasi seperti STNK tidak sah ataupun tidak dapat menunjukan SIM saat berkendara," katanya melansir detiksumsel, Selasa (29/10)

Ia menambahkan, jenis pelanggaran lainnya yang mendominasi pada  minggu pertama Operasi Zebra kali ini, yakni anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor sebanyak 75 pelanggaran.

" Kita sangat prihatin melihat anak di bawah umur yang bebas berkendara dan tidak dilarang oleh orang tuanya. Mengungat hal ini sangat berbahaya bagi si anak tersebut dan juga pengguna jalan lainnya,” ungkap Kasat.

Sementara, pelaksanaan Operasi Zebra sendiri masih akan berlangsung sampai dengan tanggal 5 November 2019 mendatang dengan Modus Operandi Razia Stationer Maupun Hunting System.

"Pelaksanaannya rutin setiap hari dengan lokasi dan waktu yg terus berganti, cara bertindak kamipun menggunakan Sistem Stationer dan Hunting, ini sesuai dengan arahan dari Korlantas Polri untuk memaksimalkan hasil yg telah ditetapkan," ujarnya.(net)